Makeover Monday 2021 Week 04: Navigating India’s Coal Production and Location

Setelah absen beberapa minggu untuk latihan Data Viz dengan Tableau, saya membutuhkan proyek data yang ringan untuk membantu membangun kembali motivasi saya untuk melanjutkan latihan. Untungnya, Tableau telah memiliki beragam komunitas pengguna yang dapat menyediakan sumber daya seperti akses data, bantuan, dll.

Salah satunya adalah Makeover Monday. Setiap hari Senin, Makeover Monday menyediakan studi kasus perbaikan tampilan Data Viz yang mereka peroleh dari kerjasama berbagai institusi/lembaga maupun individu profesional.

Saya baru saja menyelesaikan submission pertama saya untuk proyek di minggu ke-4 mengenai Indian Coal Mine Location and Production.

The Brief

Pada artikel yang berjudul “A novel dataset for analysing sub-national socioeconomic developments in the Indian coal industry” oleh Pai dan Zerriffi (2021), salah satu bentuk analisis statistik deskriptif yang dilampirkan yaitu membandingkan jumlah situs pertambangan dan produksinya di setiap distrik di India (Gambar 1).

The Problems

Visualisasi data tersebut tidak efektif dalam menyampaikan informasi kepada pembaca. Ruang yang tersedia terlalu banyak dihabiskan oleh data yang tidak relevan untuk diketahui oleh pembaca. Penulis artikel tersebut tidak menyediakan konteks secara spasial atau keruangan untuk membandingkan produktivitas aktivitas pertambangan di satu distrik dengan distrik lainnya. Oleh karena itu, pembaca membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna dan menarik kesimpulan.

The Ideation Process

Dimulai dari pertanyaan:

Bagaimana agar pembaca dapat secara cepat mempelajari informasi yang mereka butuhkan?

Berdasarkan pertanyaan tersebut, hal pertama yang pertama kali terbersit di pikiran saya adalah menampilkan peta untuk memvisualisasikan intensitas aktiivtas pertambangan yang terjadi di setiap distrik.

Ide ini kemudian berkembang untuk mengemasnya ke dalam bentuk dashboard seperti yang saya lakukan pada proyek AirBnB yang lalu, di mana pengguna secara leluasa dapat me-klik data tertentu, lalu data lain yang masih terkait juga akan turut ditampilkan.

Tidak lupa, saya juga menyajikan metriks secara makro untuk dapat memandu pembaca memahami skala relativitasnya.

The End Product

Berikut adalah hasil akhir #MakeoverMonday yang telah saya lakukan. Anda dapat melihatnya secara lebih detil di lama Tableau Public saya di sini.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store